MANFAAT SAYURAN UNTUK KESEHATAN DAN KECANTIKAN

  • MANFAAT SAYURAN UNTUK KECANTIKAN

 

  • Wortel

Di antara jenis sayur lainnya, rasa-rasanya wortel termasuk jenis sayuran yang paling digemari. Untuk memperoleh manfaat wortel secara maksimal yang harus diperhatikan adalah jeli memilih wortel. Pilih wortel yang berwarna agak muda dan terang. Ini menandakan bahwa wortel tersebut masih muda dan segar. Manfaat wortel untuk kecantikan adalah salah satunya untuk menghaluskan wajah. Cara membuat :
Ambil 2 – 3 wortel yang sudah dikupas bersih, lalu cuci dan parut. Kemudian langsung oleskan pada wajah sebagai masker. Tunggu sampai kering. Bilas.

  • Jeruk Nipis

Meski berukuran kecil, tapi ternyata buah jeruk nipis memiliki manfaat yang tidak ‘kecil’ juga. Ada banyak khasiat yang bisa didapat dari buah asam ini. Selama ini banyak orang mengira kalau jeruk nipis hanya berguna untuk menghilangkan bau amis, atau campuran penyedap makanan. padahal buah ini juga punya banyak manfaat untuk kecantikan dan kesehatan. Apa saja? Yuk, cari tahu disini.

- Air yang berasal dari daging buah ini dikenal sanggup membuat pori-pori mengecil serta merapatkannya. Ia juga mampu menghilangkan kelebihan lemak pada jenis kulit berminyak. Cara penggunaannya adalah dengan mengoleskan daging jeruk nipis pada kulit wajah. Terutama di daerah sekitar hidung dan pipi yang pori-porinya terlihat besar.

- Jeruk nipis berkhasiat untuk memutihkan dan menghaluskan kulit: Caranya adalah dengan mengusapkan potongan jeruk nipis pada wajah dan kulit bagian tubuh lainnya yang terlihat kusam atau kasar.Niscaya kulit Anda akan menjadi lebih putih dan lebih halus.

- Untuk membuat kuku bersih dan cemerlang dengan jeruk nipis caranya mudah saja. Peraslah dagingnya, lalu gunakan sedikit air jeruk nipis untuk menggosok kuku yang buram.

- Untuk jenis rambut berminyak yang biasanya cepat kotor, cucilah dengan air hangat yang telah dicampur perasan air jeruk nipis. Hasilnya selain tak cepat kotor, rambut akan menjadi lebih halus dan lembut kemilau.Untuk menghilangkan ketombe gunakan air perasan jeruk nipis pada kulit kepala. Biarkan kering selama 20 sampai 30 menit, lalu dikeramas. Lakukan dua sampai tiga kali.

  • Selada

Selada dikategorikan juga sebagai sayuran yang bermanfaat untuk menambah sekaligus mempertahankan kecantikan, karena ia dapat melembabkan kulit sekaligus melindungi kulit dari panas matahari dan terpaan angin. Hal itu semata-semata karena selada kaya akan sejumlah vitamin, dan secara khusus, dia memiliki fungsi untuk memberikan nutrisi pada kulit dan membersihkan wajah.

Selada merupakan bahan yang sangat mudah didapat sehingga tidak terlalu sulit untuk menyediakan atau mengolahnya dirumah. Ia merupakan sayuran yang lezat dan menyehatkan, karena mengandung protein dan vitamin A.

Dan ketika digunakan untuk bagian luar kulit (eksternal), ia merupakan nutrisi yang benar-benar bermanfaat untuk kesehatan dan keindahan kulit, sebagaimana ia menjadi bahan pelembab baginya.

  • Tomat

Dalam buah tomat terdapat antioksidan yang disebut lycopene yang sangat ampuh mencegah kerusakan kulit karena radikal bebas. Untuk mencegah penuaan dan supaya awet muda serta mendapat kulit yang indah dan halus, mengencangkan kulit, anda dapat memasukkan tomat dalam menu makanan anda. Konsumsilah tomat yang dicampur dengan minyak zaitun selama 10 minggu. Anda akan melihat perubahan pada kondisi kulit anda.
Cara Membuat : Iris buah tomat, gosokkan ke wajah. Atau dengan membuat lulur tomat dan usapkan pada wajah.

  • Bayam

Kaya kandungan gizi yang baik untuk tubuh kita seperti kalsium, magnesium, sodium, fosfor, zat besi, kalium, vitamin A, vitamin C, biotin, vitamin E, mangaan dan aluminium. Untuk perawatan kulit anda, olahlah bayam dengan cara dibuat juice. Cuci bersih daun bayam, masukkan ke juicer dan tambahkan setengah cangkir air. Juice bayam kaya dengan sejumlah asam oksalat, oleh karena itu campurlah dengan juice sayuran tambahan seperti wortel atau tomat. Ambillah kapas dan basahi dengan jus bayam tersebut. Gosok dengan arah memutar pada sudut-sudut mata, dahi dan sekitar sudut-sudut mulut dan dagu. Lakukan selama 5 menit saat bangun pagi dan malam hari sebelum tidur. Basuh dengan air dingin dan gosok dengan jus kesemek atau jus buah dengan cara sama. dengan rutin melakukan tips ini, kulit wajah anda akan menjadi kencang dan keriput yang ada pada wajah anda akan hilang

  • Mentimun

Mengkonsumsi mentimun berguna untuk menurunkan berat badan karena kandungan kalorinya rendah dan kaya akan serat. Kandungan lainnya dalam mentimun antara lain adalah asam malonat yang dapat mencegah gula darah berubah menjadi lemak, sehingga dapat menurunkan berat badan.Selain itu mentimun juga berguna untuk mendinginkan kulit wajah, Menghaluskan wajah, Menghambat munculnya keriput, dan Mengobati jerawat.

Cara Membuat :

1. Buah timun dipotong tipis-tipislalu ditempelkan di kulit wajah.

2. Jika irisan buah timun ini ditempelkan di kelopak mata selama 15-20 menit, maka akan membuat mata terlihat lebih cerah dan lebih segar.

  •  MANFAAT SAYURAN UNTUK KESEHATAN

Sayur mayur merupakan jenis makanan penting bagi manusia untuk menjaga kesehatan. Sayuran hijau seperti daun selada, bayam, buncis, kangkung, daun singkong, daun pepaya, dan yang lainnya ternyata memiliki beragam manfaat kesehatan.

Kandungan zat gizi alami dalam sayuran hijau sangat banyak. Selain kaya dengan vitamin A dan C, sayuran hijau juga mengandung berbagai unsur mineral seperti zat kapur, zat besi, magnesium dan fosfor. Sayuran yang berwarna hijau tua merupakan sumber karotenoid (pigmen dalam tanaman yang terdapat pada tumbuhan) terbaik dan tergolong penting untuk memerangi radikal bebas.

Klorofil (zat hijau daun) pada sayuran hijau merupakan pigmen dari tanaman yang warnanya hijau dan terdapat dalam kloroplas sel tanaman. Klorofil mempunyai struktur kimia yang hampir mirip dengan hemoglobin (sel darah merah). Sehingga menurut penelitian para ahli gizi, klorofil dapat dimanfaatkan untuk merangsang pembentukan sel darah merah pada penderita anemia.

Selain itu klorofil juga mampu berfungsi sebagai pembersih alamiah (mendorong terjadinya detoksifikasi); antioksidan yang akan menetralkan radikal bebas sebelum menimbulkan kerusakan pada sel-sel tubuh; antipenuaan dan antikanker.

Dan juga, enzim protease inhibitor yang terdapat dalam sayuran hijau dapat berfungsi sebagai pencegah timbulnya kanker, terutama kanker pada usus. Kandungan vitamin K dalam sayuran hijau berperan penting dalam proses pembekuan darah, pembentukan tulang, serta mencegah pembentukan batu ginjal. Mengonsumsi sayuran hijau secara teratur dalam setiap porsi makan dapat mempertahankan keremajaan kulit dan membantu mempertahankan kekuatan pembuluh darah agar tidak mudah pecah.

Yang tak kalah penting, kandungan antioksidan dan serat alami dalam sayuran hijau akan menjaga kesehatan dan melancarkan saluran pencernaan. Hal ini akan memudahkan sisa-sisa metabolisme yang tidak berguna keluar dari tubuh sehingga tak sempat mengendap dan menimbulkan penyakit.

Bahkan, antioksidan yang banyak ditemukan dalam sayuran hijau dapat melindungi sel mata dari cahaya ultraviolet yang merupakan penyebab utama katarak. Hal ini disebabkan karena sayuran hijau memengandung jenis antioksidan lutein dan zeaxanthin hampir 10 kali lebih banyak dibanding vitamin E yang mampu melindungi sel mata dari kerusakan yang disebabkan ultraviolet.

Mengosumsi jus sayuran terbukti bermanfaat bagi tubuh. Jus sayuran kaya akan vitamin dan mineral. Zat ini berguna untuk menjaga dan memelihara kesehatan tubuh dari serangan penyakit.

Saat ini, gaya hidup back to nature sedang menjadi tren di kalangan masyarakat yang sadar pentingnya menjaga kesehatan tubuh. Inilah manfaat sayuran untuk kesehatan tubuh yang diambil dari buku berjudul ‘ Rahasia Sehat dengan Jus Buah & Sayuran’ karangan Budi Sutomo & dr. Gatot Ibrahim.

1. Wortel

Wortel kaya akan vitamin C . Wortel juga baik untuk kesehatan mata. Wortel mempunyai kegunaan atau fungsi kesehatan lain seperti :

- Mengatasi hipertensi:
Ambil 500 gr wortel cuci bersih kemudian potong-potong, beri sedikit air matang, lalu diblender. Saring, dan minum segera. Usahakan untuk rutin meminum air wortel ini 3 kali dalam sehari.

- Mengatasi demam pada anak:
Ambil 200 gr wortel kemudian cuci bersih. Parut dan peras sampai keluar sarinya. Rebus air perasannya, minum selagi hangat.

- Mengatasi luka bakar:
Wortel ditumbuk hingga halus dan dioleskan pada luka bakar. Lakukan sesering mungkin sampai luka tidak terasa panas.

- Menyembuhkan batuk:
Ambil sebatang wortel lalu bersihkan dan parut. Beri beberapa sendok air panas dan peras. Tambahkan sedikit gula aren, aduk sampai rata. Minum 2 kali dalam sehari.

2. Asparagus

Asparagus adalah sayuran dari tunas muda. Dijual dalam bentuk tunas berwarna putih dan berwarna hijau. Sayuran ini mengandung banyak zat gizi, vitamin dan mineral esensial.

Kandungan seratnya (dietary fiber) sangat tinggi dan mampu mengikat zat karsinogen penyebab kanker. Serat juga membantu lancarnya proses pencernaan sehingga Anda terbebas dari gangguan sembelit atau susah buang air besar.

Asparagus juga teruji secara klinis mampu meningkatkan kesuburan pria. Kandungan asam amino asparagines di dalamnya dapat merangsang ginjal membuang sisa metabolisme tubuh.

Zat aktif lain yang dipercaya mampu meningkatkan sirkulasi darah dan membantu melepaskan deposit lemak dalam dinding pembuluh darah. Sangat baik dikonsumsi bagi Anda yang berjerawat, penderita eksim, gangguan ginjal dan prostate.

3. Bayam

Bayam terutama yang merah mengandung zat besi tinggi yang berkhasiat menambah darah. Selain itu, bayam juga mengandung vitamin A, B, C dan K, kalium serta fosfor.

Bayam juga mengandung betakaroten, lutein, klorofil, asam folat dan mangan. Manfaatnya untuk disentri, ambien, demam, melancarkan ASI, mengencerkan dahak, memperkuat kekebalan lever, mencegah penuaan dan mengandung antioksidan.

Asam folat pada bayam mampu memerangi kadar homosistein dalam darah penyebab jantung koroner.

4. Brokoli

Brokoli kaya serat yang dapat mencegah kanker saluran pencernaan, sembelit dan kanker kandung kemih. Brokoli mengandung kromimum yang penting untuk membantu kerja insulin, sehingga baik dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Mereka yang mengosumsi setengah mangkuk brokoli setiap minggu mampu menekan risiko kanker hingga 44%. Isothiochyanate pada brokoli memperlambat pertumbuhan sel kanker kandung kemih dan berpengaruh besar terhadap rusaknya sel kanker. Brokoli juga membantu menurunkan risiko gangguan jantung dan stroke.

5. Buncis

Selain diolah menjadi masakan, buncis juga segar diolah menjadi jus. Jus buncis mampu mengontrol dan mencegah penyakit diabetes. Hasil uji klinis menunjukkan, di dalam buncis mengandung stigmasterol dan B-sitosterol. kedua zat ini mampu meningkatkan produksi insulin.

Insulin berfungsi untuk menurunkan kadar gula dalam darah. Seseorang akan mengalami diabetes melitus bila pankreas hanya sedikit menghasilkan insulin atau tidak mampu memproduksi sama sekali.

Mengosumsi buncis secara teratur juga akan menurunkan kadar gula dalam darah. Kandungan serat pada buncis mampu mencegah kanker saluran pencernaan, sedangkan kandungan mineral kalsiumnya bermanfaat untuk menguatkan tulang.

ANEKA RESEP SAYURAN UNTUK KESEHATAN

BATUK

  • § 100 gram biji kacang panjang (kukus hingga matang) diblender dengan air secukupnya, tambahkan gula batu atau madu secukupnya, aduk rata lalu diminum.
  • § 250 gram waluh direbus hingga matang, tambahkan gula pasir secukupnya, kemudian berikan kepada penderita.
  • § Oyong/gambas dijus hingga menghasilkan 60 cc, tambahkan madu secukupbya, aduk rata, lalu diminum.
  • § 30 gram terung tua dikupas kulitnya lalu direbus dalam air secukupnya. Tambahkan gual merah. Setelah matang, terung rebus siap disajikan kepada penderita.

INFLUENZA

  • § 7 siung bawang merah, 3 butir merica, 10 gram jahe diblender dengan air hangat secukupnya. Minum selagi hangat.
  • § 30 gram rambut jagung, 10 gram jahe, 60 gram akar alang-alang direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc gram lobak dan 2 siung bawang putih diblender denagn air rebusan tadi, jadilah jus dan siap diminum selagai hangat.
  • § 1 buah pare ukuran sedang yang telah dikukus sampai matang dan 10 gram jahe diblender dengan air secukupnya. Tambahkan madu, secukupnya, aduk rata lalu diminum.
  • § Daun pepaya muda ditumbuk halus lalu diberi air secukupnya dan diperas airnya, air perasan tadi dicampur garam dan gula secukupnya, aduk sampai rata, ramuan ini diminum selama 1 minggu berturut-turut.

Wortel

Berkhasiat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, antioksidan atau antikanker. Juga mmebantu proses pencernaan, menurunkan kadar kolesterol, dan mengatasi tekaanan darah tinggi.

Resep:

  • § Sediakan umbi wortel, 2 sendok madu, dan 1 potong gula aren. Wortel kemudian diparut, diperas, tambah 2 gelas air kemudian dioplos dengan bahan lainnya sampai merata. Diminum 1 kali sehari.
  • § Tiga buah umbi wortel diparut, tambah air lalu diperas (dibuat jus), kemudian tambahkan gula secukupnya. Minum sehari sekali.

*****#### SELAMAT MENCOBA ####*****

DIKUTIP DARI BERBAGAI SUMBER

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Ikuti

    Get every new post delivered to your Inbox.

    %d blogger menyukai ini: